FB:GarukPentil EvelynXD
Notification texts go here Contact Us Join Now!

Panduan Dasar Koreografi Wotagei (ヲタ 芸)

Memahami dan Menyemarakkan Hiburan Jepang. Panduan ini memberikan pemahaman dasar tentang wotagei, termasuk gerakan dan ungkapan yg umumnya digunakan
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
wotagei

Setelah kemarin gw bahas tentang panduan dasar chant mix wotagei (ヲタ 芸),disitu udah ada penjelasannya mengenai apa itu wotagei atau kalian mau lebih lengkapnya bisa baca disini Wotagei kali ini gw akan bahas mengenai gerakan wotagei.

Berhati-hatilah, semua otaku idola kalian - waktu kalian di pusat perhatian mungkin telah tiba, karena penampilan koreografi Wotagei yang keren membuat putaran dan memikat Jalinan Jepang.

Tampaknya Wotagei umumnya dimulai sebagai sejenis pemandu sorak semi-koreografi, sebagian besar tersinkronisasi yang dapat dilakukan oleh otaku idola di acara idola untuk menunjukkan dukungan mereka kepada para gadis di atas panggung. Pada hari-hari awal gaya tarian, tampaknya penggemar otaku tidak memiliki apa-apa selain serangkaian tepuk tangan, teriakan, dan gerakan tarian aerobik sedang yang mereka miliki.


Table of Contents

Apa Itu Koreografi

Koreografi adalah seni dan proses merancang gerakan atau tarian untuk pertunjukan di atas panggung atau dalam konteks visual lainnya. Ini melibatkan pengaturan dan penggabungan gerakan tubuh, langkah-langkah, pose, ekspresi wajah, dan elemen-elemen lainnya untuk menciptakan komposisi artistik yang koheren dan mengesankan. Koreografer adalah orang yang bertanggung jawab merancang dan mengarahkan koreografi dalam pertunjukan tari, musik, teater, dan media lainnya.


GETTING STARTED

Perkenalan

Wotagei (atau lebih khusus lagi tarian cyalume) adalah tarian yang dilakukan pada malam hari yang menggunakan tongkat cahaya untuk membentuk garis-garis cahaya. Sebelum melanjutkan dengan panduan ini, kenali istilah-istilah di bawah ini. Istilah-istilah tersebut akan sering digunakan di sepanjang panduan ini.


Definisi

Berikut adalah beberapa istilah yang umum digunakan di wotagei.
  • Cyalume: Nama merek yang digunakan untuk merujuk pada lightstick di Jepang.
  • Wotagei (ヲタ芸): Juga dikenal sebagai tarian cyalume, adalah tarian yang dilakukan dengan cyalume.
  • Waza (技): Satu gerakan dalam wotagei.
  • Sabi (サビ): Istilah bahasa Jepang untuk paduan suara atau titik tertinggi dalam sebuah lagu.
  • Sabi Waza (サビ技): Waza yang digunakan pada bagian puncak dari sebuah lagu. Umumnya terdiri dari 32 ketukan dan merupakan sebagian besar dari apa yang harus dipelajari dalam wotagei.
  • Uchi Shi (打ち師): Istilah Jepang untuk seseorang yang berlatih dan melakukan wotagei.

Belajar Wotagei

Ini adalah beberapa catatan penting yang harus diingat ketika belajar wotagei.
  • Fokus pada ketepatan waza sebelum kecepatan. Kecepatan hanyalah masalah seberapa lancar luwh melakukan waza; hal ini akan datang dengan latihan. Jika waza dilakukan dengan tidak benar, maka akan terlihat buruk.
  • Jangan berkecil hati jika kamu tidak dapat mempelajari waza dengan segera. Saat memulai, waza luangkan waktu bagi tubuh Anda untuk mengingat gerakannya.
  • Selalu regangkan! Wotagei intensif di punggung, bahu, dan kaki lu. Ketika Anda mulai, kamu akan merasa sakit, tapi ini bisa diminimalkan dengan peregangan dan pemanasan yang tepat.
  • Cyalume tidak diperlukan untuk belajar wotagei. Cyalume hanya benar-benar digunakan selama pertunjukan. Selama latihan, orang-orang menggunakan tongkat cahaya yang sudah mati atau hanya tangan mereka.

Basic Stance

Ketika melakukan wotagei, kedua kaki Anda harus menapak dengan kuat di tanah. Aturan umum yang bisa dijadikan patokan yaitu, kedua kaki Anda direntangkan sekitar 2-3 kali lebih lebar dari lebar bahu Anda. Posisi ini harus cukup rileks, dengan sedikit menekuk lutut.

stance
Garis bawah sekitar 3 kali lebih panjang dari garis atas.

Pada awalnya, kalian mungkin tidak memiliki kekuatan atau kelenturan untuk menahan kuda-kuda selebar ini. Jika demikian, maka tidak masalah untuk memiliki kuda-kuda yang lebih ramping; tidak ada gunanya memaksakan kuda-kuda yang lebar dan tidak nyaman.


Anime/Idol Song Structure

Lagu-lagu Pop Jepang memiliki struktur lagu yang mirip dengan lagu-lagu Pop Barat. Namun, lagu-lagu Pop Jepang menggunakan istilah yang berbeda untuk mendeskripsikan bagian-bagian lagu yang berbeda. Di bawah ini adalah daftar setiap bagian lagu, dan waza yang biasanya digunakan selama bagian tersebut. Istilah yang setara dalam bahasa Inggris ada dalam tanda kurung.

  • Intro
  • A-Melody / A-Melo (Verse)
    • OAD
    • Nihai Ohai
    • Soiya
  • B-Melody / B-Melo (Pre-Chorus)
    • Rosario
    • Los Angeles
  • Sabi (Chorus)
    • Sabi Waza
  • Interlude
  • C-Melody / C-Melo (Bridge)
  • Outro

Ini adalah struktur umum untuk banyak lagu Pop Jepang. Namun, ada lagu-lagu Pop Jepang yang memiliki struktur yang lebih unik, yang lebih sulit untuk dikoreografikan, tetapi memungkinkan koreografi yang lebih unik.


FUNDAMENTAL WAZA

OAD (Over Action Dolphin)

OAD adalah waza yang biasa digunakan selama A-melo (Bait) sebuah lagu. Satu ayunan untuk OAD membutuhkan dua ketukan untuk menyelesaikannya. Waza ini melibatkan ayunan lengan dan gerakan tubuh, dari satu sisi ke sisi lainnya. Silakan lihat demonstrasi di bawah ini.

OAD, tidak ada lightstick. Lagu: "Yume de Yozora o Terashitai" dari Love Live! Sinar matahari!!

Starting Stace

Seperti kebanyakan wazas dalam wotagei, kalian akan memulai dengan posisi wotagei standar. Ayunan pertama dimulai dari kanan kalian dan berlanjut ke kiri. Hal ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

stance
Perhatikan, lokasi tangan berada di sisi kanan kepala. Lengan kanan harus berada di antara posisi horizontal atau vertikal.

Swings

Untuk OAD pertama kalian, mulailah dengan mengayunkan lengan ke kiri. Kalian harus menjaga lengan kalian terentang sepenuhnya untuk ketukan pertama ayunan. Perhatikan bahwa lengan kalian harus berayun di seluruh tubuh kalian. Foto di bawah ini menunjukkan jalur yang seharusnya diambil lengan kalian selama ayunan OAD.

OAD Initial
Merah adalah tangan kiri, hijau adalah tangan kanan

gerakan mengayunnya ini seharusnya hanya membutuhkan satu ketukan.


Ending "Snap"

Untuk ketukan kedua, Anda harus cepat-cepat menyatukan kedua tangan Anda. Hal ini akan menciptakan huruf "V" pada lengan Anda, sedikit di atas dan di samping kepala Anda. Di bawah ini adalah gerakan yang harus dilakukan lengan Anda untuk menyelesaikan "jepretan"

OAD Snap
Merah adalah tangan kiri, hijau adalah tangan kanan

Setelah menjepret, posisi Anda harus serupa dengan posisi awal, kecuali lengan Anda berada di sisi kiri. Hal di atas diulangi, kecuali ke arah sebaliknya.


OAD Set

Satu set OAD terdiri dari 6 ayunan OAD, diikuti oleh Nihai Ohai, diikuti oleh 4 ayunan OAD dan Soiya/4 Thrusts. Nihai Ohai dan Soiya/4 Thrusts akan dibahas di bagian selanjutnya.


Important Points

Ketika mempraktikkan OAD, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini.

  • Kepala Anda harus menatap lurus ke depan pada setiap ayunan. Dari sudut pandang Anda, sepertiga bagian atas penglihatan Anda harus ditutupi oleh kedua tangan Anda (dirapatkan), dan dua pertiga lainnya harus merupakan pandangan yang jernih ke depan.
  • Setelah tangan Anda terkunci, tubuh Anda harus membentuk garis lurus dari ketiak ke kaki. Garis ini memberi OAD Anda lebih banyak kekuatan, sehingga menghasilkan OAD yang lebih bersih. Untuk mendapatkan garis lurus ini, lutut Anda yang lain sedikit menekuk ke dalam. Poin ini dapat diringkas dalam foto di bawah ini.
OAD Refine
Merah adalah tangan kiri, hijau adalah tangan kanan
  • Terdapat jeda kecil tepat setelah bidikan, sebelum masuk ke ayunan OAD berikutnya. Jeda kecil ini menegaskan guratan cahaya, membuat OAD terlihat lebih tajam.

Final Result

Setelah menggabungkan semua poin di atas, maka akan menghasilkan sesuatu yang mirip dengan gambar di bawah ini.

OAD, dengan lightstick. Lagu: "Yume de Yozora o Terashitai" dari Love Live! Sinar matahari!!

Ini adalah akhir dari panduan tentang OAD. Berikutnya adalah Nihai Ohai, yang digunakan segera setelah OAD.


Nihai Ohai (ニーハイオーハイ)

Nihai Ohai adalah waza yang digunakan bersama dengan OAD selama A-melo. Beberapa tim menggunakan Nihai Ohai di luar A-melo, meskipun ini jarang terjadi. Kami akan berfokus pada apa yang dilakukan selama A-melo. Contohnya dapat dilihat di bawah ini.

Nihai Ohai, tidak ada lightstick. Lagu: "Yume de Yozora o Terashitai" dari Love Live! Sunshine!

Starting Stance

Sikap awal untuk Nihai Ohai dimulai langsung dari OAD, setelah enam hitungan OAD. Saat Anda memulai Nihai Ohai, kepala Anda harus menghadap ke arah kaki kiri, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

NihaiStart
Panah merah menunjukkan arah hadap kepala

Overhead Swing

Setelah Anda menghadap ke kaki Anda, Anda harus membawa lengan Anda keluar dari OAD dan melewati kepala Anda dalam gerakan lingkaran besar ke arah kaki kiri Anda. Gerakan ini seharusnya hanya membutuhkan satu ketukan.

Nihai02
Panah merah adalah jalur yang harus diambil oleh tangan Anda

Nihai (Knee High)

Lengan Anda kemudian dibawa berhenti di antara kaki dan lutut Anda (inilah asal mula Knee High). Membungkuk terlalu rendah untuk membawa tangan Anda sampai ke kaki dapat membuat Anda kehilangan keseimbangan.


Ohai

Setelah berhenti, lengan Anda akan bergerak lurus melintasi tubuh Anda, kembali ke atas setinggi kepala.

Nihai23
Panah merah adalah jalur yang harus diambil oleh tangan Anda

Ending Flip

Bagian ini mungkin merupakan bagian tersulit dari Nihai Ohai. Seluruh gerakan ini harus dilakukan dalam dua ketukan. Setelah Anda membawa tangan Anda setinggi mata, Anda harus mendorong tangan Anda ke luar dan membuat gerakan lingkaran kecil, menyatukan kembali kedua tangan Anda, kali ini dengan punggung tangan menghadap ke atas, bukan telapak tangan yang terbuka. Gerakan membalikkan badan itu sendiri seharusnya hanya memerlukan satu ketukan, dengan ketukan setelahnya digunakan untuk menyisipkan jeda kecil agar gerakan terlihat lebih tajam.

NihaiFlip
Panah merah adalah jalur yang harus diambil oleh tangan Anda

Nihai Ohai kemudian harus berakhir pada posisi di mana Anda dapat memulai OAD secara alami


Important Points

  • Jangan membawa lengan Anda terlalu jauh ke bawah. Hal ini akan menyebabkan tubuh Anda membungkuk, sehingga gerakan secara keseluruhan terlihat lebih kecil.
  • Apabila melakukan returing di Ohai, jangan memutar tubuh Anda sepenuhnya ke samping. Menjaga tubuh Anda sedikit miring ke depan akan membuat gerakan terlihat lebih besar, tetapi juga membuat gerakan terlihat lebih bersih.
  • Ketika melakukan salto, dorong lengan Anda ke arah luar dan perbesar gerakan lingkaran. Gerakan ekstra ini membuat Nihai Ohai lebih tajam.

Apabila semuanya disatukan, Nihai Ohai terlihat sebagai berikut.

Nihai Ohai, dengan lightstick. Lagu: "Yume de Yozora o Terashitai" dari Love Live! Sinar matahari!!

Ini adalah kesimpulan dari panduan tentang Nihai Ohai. Berikutnya adalah Soiya / 4 Strikes, yang juga digunakan dalam A-Melo.


Soiya (ソイヤ) / 4 Thrusts (4突き)

Overview

Soiya (juga dikenal sebagai 4 Dorongan) adalah waza yang juga digunakan bersama dengan OAD dan Nihai selama A-melo. Soiya selalu ditampilkan di akhir set OAD dan dapat bertransisi ke set OAD lainnya atau ke B-melo. Meskipun Anda tidak akan melihat Soiya sendiri ditampilkan di luar A-melo, gerakan menyodorkan waza ini dapat diterapkan pada banyak waza lainnya. Menguasai waza ini akan membantu dalam mempelajari waza yang lebih maju.

Soiya tanpa lightstick

Starting stance

Posisi awal akan sama dengan posisi awal OAD. Waza ini biasanya mengikuti 4 ayunan OAD.

SoiyaStart
Posisi awal Soiya

Look at the Sky

Setelah ayunan OAD yang keempat, rentangkan lengan kanan Anda ke belakang, lalu ke atas dengan gerakan melingkar. Kepala Anda harus bergerak ke atas, melihat ke arah lengan kanan Anda. Sementara ini terjadi, lengan kiri Anda akan bergerak turun ke pinggang dalam posisi istirahat. Secara keseluruhan, gerakan ini membutuhkan satu ketukan.

soiya_look_to_sky
Panah merah adalah jalur yang diambil oleh tangan kanan Anda, warna merah yang lebih gelap mengindikasikan bahwa tangan Anda berada pada sisi yang lebih jauh dari kamera.

Spin and Spin

Setelah Look at the Sky, lengan kanan Anda harus berada di udara di atas kepala. Setelah itu, angkat lengan kiri ke atas ke arah lengan kanan Anda. Saat hal ini terjadi, putar tubuh Anda ke kanan (menggeser berat badan Anda dalam prosesnya), dan lakukan gerakan berputar ke bawah dengan lengan Anda. Lihat gambar di bawah ini untuk gerakan awal ini, hingga setengah dari putaran pertama.

soiya_look_complete
Panah merah adalah jalur yang diambil oleh tangan kanan Anda, hijau adalah jalur yang diambil oleh tangan kiri Anda.

Setelah sekitar 2,5 rotasi lengan Anda, pisahkan lengan Anda dengan menarik lengan kanan ke belakang, bersiaplah untuk melakukan 4 dorongan.


4 Thusts

Setelah masuk ke posisi mendorong dari atas, lengan kanan Anda harus mendorong ke arah kaki kiri Anda, sementara lengan kiri Anda kembali ke pinggang. Gerakan ini bisa dilihat pada gambar di bawah.

soiya_strike_windup
Panah merah adalah jalur yang diambil oleh tangan kanan Anda.

Untuk dorongan berikutnya, tarik lengan kanan ke belakang dan secara bersamaan dorong lengan kiri ke arah kaki kanan. Hal ini diulangi lagi dengan lengan kanan, namun alih-alih mendorong ke arah kaki kiri, lengan kanan didorong tepat di atas kepala Anda. Ketukan berikutnya, lengan kiri Anda kemudian disodorkan ke atas kepala, mengikuti lengan kanan.

soiya_second_strike
Panah merah adalah jalur yang harus diambil oleh tangan kanan Anda. Panah hijau adalah jalur yang harus diambil oleh tangan kiri. Penomoran menunjukkan urutan pukulan.

Jika Anda mengikuti Rosario setelahnya, selama serangan terakhir, Anda dapat menjatuhkan lengan kanan Anda ke samping.


Important Points

  • Cobalah untuk membuat gerakan ketukan pertama dan transisi ke putaran terlihat mulus. Seharusnya tidak ada gerakan mendadak selama bagian ini. Hal ini penting, karena akan menciptakan kontras yang bagus pada 4 dorongan.
  • Putar seluruh tubuh Anda ketika Anda mendorong. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk mengerahkan lebih banyak tenaga ke dalam dorongan dan memberikan tampilan yang lebih tajam.

Setelah Anda menyatukan semua hal di atas, hasilnya akan terlihat seperti berikut ini.

Soiya dengan lightstick

Rosario (ロサリオ)

Overview

Rosario adalah waza yang terutama digunakan selama B-melo dan digunakan bersama dengan Los Angeles. Anda akan jarang melihat Rosario di luar B-melo, namun dapat dilihat pada beberapa koreografi dan waza yang unik. Seperti halnya Nihai Ohai, kita akan berfokus pada bagaimana ia ditampilkan selama B-melo. Tidak seperti semua waza lain yang telah kita pelajari hingga saat ini, waza ini hanya terdiri dari empat ketukan.

Rosario tanpa lightstick

Starting Stance

Jika Anda melakukan A-melo dan B-melo dalam satu kali pengambilan, kemungkinan besar Anda akan berada dalam posisi akhir untuk Soiya seperti yang dibahas dalam tutorial Soiya. Jika Anda merekam B-melo sebagai potongan terpisah, Anda bisa memulai dengan sikap awal wotagei default.


Look at the Sky (Again))

Gerakan ini identik dengan gerakan Soiya. Lengan kanan Anda terangkat dengan cara yang sama persis.


Spin and Spin (Again)

Bagian ini sama dengan Spin and Spin di Soiya. 2 bagian pertama ini membutuhkan total 3 ketukan.


Dig the Ground

Ketukan terakhir adalah yang berbeda dari Soiya. Alih-alih mendorong ke arah kaki Anda, Anda membawa lengan Anda di belakang Anda, berputar hingga tangan Anda berada di dekat kepala. Anda kemudian memukul lurus ke bawah ke arah tanah.

Once all put together it should look something similar to as follows.

Rosario dengan lightstick

Los Angeles (ロスアンゼルス)

Overview

Digunakan di B-Melo. Waza opsional.

Los Angeles tanpa lightstick

Final Video

Los Angeles dengan lightstick

Thunder Snake (サンダースネイク)

Overview

Thundersnake adalah salah satu waza yang paling populer yang dipelajari dan digunakan dalam wotagei. Thundersnake hampir selalu ditampilkan selama Sabi atau kadang-kadang, selama Bridge atau C-Melo. Waza ini dianggap sebagai waza sabi paling mendasar yang harus dapat dilakukan oleh semua uchishi, di samping Amaterasu, Muramasa, dan Tombak Naga. Thundersnake terdiri dari 32 ketukan.

Thundersnake tanpa lightstick

Starting Stance

Dimulai dari sikap dasar, sebelum memulai Thundersnake, Anda harus memposisikan tubuh Anda ke kanan, menumpukan sebagian berat badan Anda ke kaki kanan dan menekuknya sementara kaki kiri lurus. Posisikan tangan Anda di sisi kanan tubuh Anda dengan kepala menghadap ke kanan juga. Perhatikan tekukan lutut pada gambar di bawah ini.

sansune_start
Posisi awal Thundersnake. Warna merah menandakan tikungan penting pada lutut

Slash

Untuk dua ketukan pertama dari Thundersnake, Anda akan melakukan gerakan memotong secara horizontal di seluruh tubuh Anda dengan lengan kanan Anda sampai lengan Anda lurus dan berada di sisi lain tubuh Anda. Anda ingin kepala Anda mengikuti gerakan lengan Anda juga. Secara bersamaan pindahkan berat badan Anda ke kaki kiri, tekuk dan luruskan kaki kanan Anda.

Untuk dua ketukan berikutnya, Anda akan mengangkat tangan kiri ke atas ke kanan dan memutar tangan Anda dalam gerakan kecil sambil memutar tubuh Anda kembali ke kanan, ingatlah untuk menggeser berat badan Anda kembali ke kaki kanan. Kita sekarang berada di ketukan keempat.


Big Arm Circles

Ini adalah bagian yang sulit. Untuk lima ketukan berikutnya, Anda akan mengulurkan lengan Anda untuk membuat dua lingkaran di tubuh Anda. Lengan kanan Anda harus terentang sepenuhnya saat membuat gerakan lingkaran. Lengan kiri Anda juga harus lurus sambil sedikit menekuknya saat berada di depan tubuh Anda. Ketika membuat gerakan lingkaran, Anda akan "mendorong" ke kiri, membuat gerakan searah jarum jam. Kaki kiri Anda harus ditekuk hingga membentuk sudut 90 derajat dengan kaki kanan terentang sepenuhnya. Anda harus menghadap ke kiri selama melakukan gerakan ini.

sansune_circle_before
Posisikan tepat sebelum Lingkaran Lengan Besar. Merah adalah lengan kanan, hijau adalah lengan kiri

Pengaturan waktu untuk gerakan melingkar untuk Thundersnake bisa menjadi hal yang paling rumit bagi sebagian orang. Untuk gerakan melingkar pertama, seluruh gerakan harus mengambil 2 ketukan penuh dengan gerakan berikutnya masing-masing mengambil 1 ketukan untuk total empat gerakan melingkar dalam lima ketukan. Kita sekarang berada pada ketukan kesembilan.

Pada gerakan melingkar keempat, pada titik di mana kedua tangan Anda bertemu, Anda harus berhenti di sini dan menunggu satu ketukan, pastikan kepala Anda sekarang menghadap ke arah tangan Anda. Kita sekarang berada pada ketukan kesepuluh.

Setelah menunggu satu ketukan, turunkan tangan kanan Anda ke kaki kanan dalam satu ketukan, dan tangan kiri Anda mengikuti ketukan berikutnya. Kedua tangan Anda sekarang harus bersama-sama di dekat kaki kanan Anda. Kita sekarang berada pada ketukan kedua belas.

sansune_follow
Posisi lengan selama follow through

Big Body Circle

Untuk empat ketukan berikutnya, Anda ingin membuat gerakan berputar yang Anda lakukan di awal lagu Thundersnake dengan tangan Anda dan membuat gerakan memutar berlawanan arah jarum jam dengan seluruh tubuh Anda. Kita sekarang berada di ketukan 16.


Snake Thunder

Setelah ini, seperti di Soiya, Anda ingin membuat gerakan mendorong yang besar, namun kali ini, Anda juga ingin mendorong ke arah tengah, sehingga total ada enam dorongan. Bagian ini juga dianggap sebagai waza tersendiri, Snake Thunder. Kita sekarang berada pada ketukan 22. Setelah dorongan keenam, mirip dengan gerakan berputar pada Soiya dan Rosario, Anda harus membuat gerakan berputar dengan lengan ke arah kanan selama dua ketukan. Kita sekarang berada di ketukan 24.


In and Out

Setelah gerakan berputar dua ketukan, ambil lengan kanan Anda dan tebas melintasi tubuh Anda ke arah kaki kiri dalam satu ketukan. Dari sini, ambil lengan kiri Anda dan silangkan dengan lengan kanan dan tarik ke arah tubuh Anda, tarik tubuh Anda ke belakang pada saat yang bersamaan. Anda ingin mengulanginya sekali lagi. Kita sekarang berada di ketukan 28.

sansune_hikidashi
Gerakan lengan selama Masuk dan Keluar

Romance Keihou (aka. RO - MA - N - SU)

Setelah Anda menarik lengan Anda kembali ke tubuh Anda untuk kedua kalinya, Anda harus menyiapkan posisi Anda untuk masuk ke dalam posisi Romance, yaitu lengan kiri Anda direntangkan dan disudut ke atas dengan lengan kanan ditekuk, membuat gerakan melingkar searah jarum jam di dekat pinggang Anda. Anda juga harus membungkukkan tubuh Anda sedikit ke kanan.

sansune_romance_keihou
Pemosisian Keihou Romantis

Perhatikan sedikit tekukan pada lutut, serta arah gerakan lengan.


Important Points

  • Selama tebasan pertama Anda ke Thundersnake, Anda harus mengulurkan lengan Anda sepenuhnya dan menyapu di depan Anda dalam gerakan yang cepat dan kuat. Selain itu, usahakan tebasan ini serendah mungkin. Hal ini membuat tebasan terlihat bagus dan jernih dengan cyalume.
  • Apabila melakukan gerakan lingkaran lengan yang besar, cobalah untuk mengerahkan banyak tenaga pada ayunan pertama. Hal ini memberikan ayunan pertama kontras kecepatan cepat dan lambat yang bagus, yang membuat lingkaran terlihat indah dengan lightstick.

Apabila semuanya disatukan, Thundersnake akan terlihat mirip dengan video di bawah ini.

Thundersnake dengan lightstick

Amaterasu (アマテラス)

Overview

Amaterasu dianggap sebagai sabi waza dasar lainnya yang sering dipelajari setelah Thundersnake dan Romance. Bersama dengan sebagian besar sabi waza, Amaterasu biasanya ditampilkan selama sabi. Namun, bagian-bagian individual dari Amaterasu sering diambil dan digunakan dalam koreografi.

Amaterasu tanpa lightstick

Starting Stance

Ketika memulai Amaterasu, Anda harus memiliki kedua lengan yang lurus dan mengarah lurus ke kanan sekitar 45 derajat. Lutut kanan Anda harus sedikit ditekuk untuk memberikan bentuk awal yang lebih terstruktur dan kokoh.


Pull, Swing, PullPermalink

Dari posisi awal, Anda harus menarik lengan kiri ke bawah dari lengan kanan secara diagonal melintasi tubuh Anda dan berhenti ketika siku Anda berada di sisi kiri tubuh Anda. Gerakan awal ini membutuhkan dua ketukan. Setelah menyelesaikan gerakan tarikan awal, ayunkan lengan kanan Anda ke sisi kiri bersama dengan lengan kiri Anda yang mengarah lurus ke kiri pada sudut 45 derajat. Sekarang, ulangi gerakan menarik yang sama seperti yang Anda lakukan pada dua ketukan pertama, tetapi kali ini, tarik lengan kanan Anda sampai ke kanan bawah dan luruskan lengan tersebut. Kita sekarang berada pada ketukan keempat.


Left, Right, Together?Permalink

Sekarang dalam posisi ini, Anda ingin mengambil lengan kiri Anda, yang seharusnya masih mengarah ke atas, dan mengayunkan ke dalam ke arah tubuh Anda, jaga agar lengan Anda tetap lurus. Anda ingin ayunan tersebut membuat lingkaran penuh di depan tubuh Anda dan berhenti pada posisi Anda memulai ayunan. Sekarang lakukan hal ini dengan lengan kanan Anda juga. Setelah kedua lengan Anda berada pada posisi istirahat, sekarang Anda ingin mengayunkan kedua lengan Anda ke dalam pada saat yang sama dengan lengan kiri di depan. Ayunan pertama dan kedua harus mengambil satu ketukan dengan ayunan ketiga mengambil dua ketukan. Kita sekarang berada pada ketukan delapan.


Right, Right, Left, Right

Untuk memulai delapan ketukan berikutnya, kedua lengan Anda harus terangkat ke udara dari ayunan lengan ke dalam yang besar dari bagian sebelumnya. Sekarang, Anda harus menurunkan lengan Anda kembali ke posisi istirahat seperti di bawah ini. Sama seperti bagian sebelumnya, Anda harus mengayunkan lengan Anda ke dalam, kali ini dua kali ke kanan, lalu ke kiri, dan ke kanan lagi. Semua ayunan ini harus dilakukan dalam satu ketukan. Kita sekarang berada pada ketukan 12.


Cross and Spin

Bagian ini sering dianggap sebagai bagian tersulit dari Amaterasu. Setelah ayunan terakhir, Anda harus mengangkat kedua lengan Anda dari tubuh bagian bawah ke depan tubuh Anda dalam posisi menyilang dengan lengan kanan di depan. Gerakan ini membutuhkan dua ketukan. Setelah lengan Anda berada dalam posisi menyilang di depan tubuh Anda, Anda harus mengayunkan lengan kanan Anda ke bawah dengan gerakan berlawanan arah jarum jam sementara lengan kiri Anda mengikutinya. Gerakan ini membutuhkan dua ketukan. Kita sekarang berada di ketukan 16.


Snake Thunder

Sama seperti Thundersnake, setelah putaran silang, Anda harus melakukan Snake Thunder. Kita sekarang berada di ketukan 24. Panduan untuk Snake Thunder dapat ditemukan di Snake Thunder


Into Romance Keihou

Ada beberapa cara untuk masuk ke Romance Keihou yang akan Anda pelajari saat Anda mempelajari waza baru. Tidak masalah dengan cara apa pun Anda masuk ke dalam Romance Keihou.


One Point Advice

  • Apabila Anda melakukan ayunan Amaterasu selama 16 ketukan pertama, Anda ingin lengan Anda selalu lurus. Dengan meluruskan lengan Anda, membuat lingkaran yang dibuat oleh garis-garis cahaya cyalume menjadi lebih seragam dan membuat gerakan terlihat besar.
  • Selain meluruskan lengan Anda selama mengayun, Anda juga harus menekuk lutut Anda ke arah ayunan. Gerakan kecil ini juga berkontribusi untuk membuat gerakan lingkaran Anda lebih besar dan secara keseluruhan membuat gerakan terlihat besar.

Ketika semua ini disatukan, waza akan terlihat sebagai berikut.

Amaterasu dengan lightstick

Muramasa(ムラマサ)

Overview

Bersama dengan Thundersnake dan Amaterasu, Muramasa dianggap sebagai sabi waza yang mendasar. Baru-baru ini, Muramasa telah melonjak popularitasnya dalam penggunaan video Wotagei dan wazen. Gerakan-gerakan yang dipelajari dan digunakan dalam Muramasa dapat diterapkan pada koreografi mandiri dan banyak waza lain yang lebih kompleks. Contoh Muramasa dapat dilihat di bawah ini.

Muramasa tanpa lightstick

Starting StancePermalink

Anda ingin memulai Muramasa Anda dengan sedikit berbelok ke sisi kiri dengan lengan kanan lurus ke atas di udara dan sedikit di belakang Anda. Posisi ini akan memberi Anda lebih banyak kekuatan dalam tebasan Anda yang sangat penting untuk Muramasa.


Slash, Slash, Slash, Slash

Dari posisi awal, Anda harus memulai Muramasa dengan tebasan diagonal yang besar di sekujur tubuh Anda. Anda harus memastikan bahwa lengan Anda lurus sepanjang tebasan untuk membuat garis tipis terlihat bagus. Kemudian, Anda harus menebas kembali ke posisi lengan Anda memulai tebasan. Sekali lagi, tebaslah secara diagonal pada tubuh Anda. Sekarang, dari posisi ini, Anda ingin membawa lengan kanan Anda lurus ke atas dan secara diagonal ke bawah dari posisi itu ke arah kanan bawah Anda. Setiap tebasan harus mengambil satu ketukan. Kita sekarang berada di ketukan empat.


Open and Close

Dari posisi yang Anda lakukan tadi, sekarang, angkat lengan kiri dan ayunkan lurus ke arah kiri atas. Sama seperti tebasan sebelumnya, lakukan gerakan tebasan dengan lengan kiri secara diagonal ke arah kanan bawah lagi. Sekali lagi, tebasan ini harus dilakukan satu ketukan. Kita sekarang berada di ketukan enam.


Pull in and Snake Out

Sekarang, dari posisi Anda sebelumnya, Anda ingin membawa kedua lengan Anda dalam gerakan berlawanan arah jarum jam dari kanan bawah tubuh Anda ke sisi kiri perut Anda. Setelah itu, Anda ingin membawa lengan kanan Anda dalam gerakan melingkar searah jarum jam ke sisi kanan perut Anda. Setiap gerakan ini harus dilakukan satu kali ketukan. Kita sekarang berada di ketukan ke delapan.


Punch Left, Punch Right

Pada posisi ini, Anda harus membungkukkan tubuh Anda ke kiri semaksimal mungkin tanpa kehilangan keseimbangan. Pada saat yang sama, Anda ingin mengambil lengan kanan Anda di seberang tubuh Anda dan membuat gerakan meninju ke samping. Anda ingin meninju dua kali. Anda ingin melakukan ini lagi, kali ini ke arah kanan. Setiap pukulan harus mengambil satu ketukan, jadi setiap sisi harus mengambil dua ketukan. Kita sekarang berada di ketukan 12.


Cross and Spin

Sama seperti Amaterasu, Anda ingin membuat gerakan naik yang sama dengan lengan Anda dengan lengan kanan di depan dan membuat gerakan berputar berlawanan arah jarum jam.


Snake Thunder

Sekali lagi, dengan sisa waza fundamental ini, Anda ingin masuk ke Snake Thunder dan Romance Keihou. Panduan untuk Snake Thunder dapat ditemukan di panduan Snake Thunder.


One Point Advice

  • Ingatlah untuk menjaga lengan Anda tetap lurus selama membidik. Hal ini tidak saja membuat torehan cahaya terlihat lebih tajam dan bersih, tetapi juga membuat gerakannya lebih cepat dan menghasilkan torehan yang lebih bagus serta lebih panjang.
  • Ketika melakukan pukulan, pastikan untuk mengulurkan lengan Anda sepenuhnya untuk pukulan dan mengerahkan tenaga yang cukup besar.
  • Pada umumnya, Anda ingin sebagian besar gerakan Anda dalam Muramasa menjadi sangat cepat. Muramasa terlihat paling bagus apabila tebasannya terlihat lurus, bersih dan cepat.

When all put together, Muramasa shoud look something as follows.

Muramasa dengan lightstick

Romance (ロマンス)

Overview

Mungkin waza Wotagei yang paling terkenal dari semuanya, Anda kemungkinan besar akan melihat stereotip Uchishi yang melakukan Romance. Meskipun Romance sebagian besar digunakan selama sabi setelah melakukan setidaknya satu sabi waza, gerakan yang dipelajari dan digunakan dalam Romance dapat diterapkan pada semua aspek wotagei, khususnya OAD dan Muramasa.

Romance tanpa lightstick

Starting Stance (Romance Keihou)

Posisi awal Anda pada dasarnya dalam setiap kasus ketika masuk ke dalam Romance adalah Romance Keihou. Dengan tubuh Anda sedikit condong ke kanan, lengan kiri Anda harus benar-benar lurus dan membentuk sudut 45 derajat dengan lengan kanan ditekuk setinggi pinggang, berputar dalam gerakan melingkar searah jarum jam.


Hai, Hai, Hai-Hai-Hai

Ketika Anda berada pada ketukan ketiga dari Romance Keihou, Anda harus membawa lengan kiri Anda dengan gerakan memutar searah jarum jam dan menekuk ke kanan. Anda harus membungkuk hingga kaki dan sisi tubuh Anda membentuk garis lurus. Dengan lengan kiri Anda sepenuhnya lurus di udara, Anda harus memompa lengan kanan Anda ke bawah dan kembali ke atas. Setelah Anda menyelesaikan pompa lengan, Anda harus melakukan gerakan mengayun yang sama ke arah Romance di sebelah kanan, melakukan hal yang sama seperti di sebelah kiri. Setelah melakukan gerakan Romance di sebelah kanan, Anda masuk ke dalam transisi gerakan Romance dengan mengayunkan lengan di depan tubuh Anda dari kiri ke kanan dan ke kiri lagi. Pada ayunan kiri kedua, Anda ingin sekali lagi bertransisi ke Romance.


2, 3, 3, 3, 3, 3, 3, 3……..

Jumlah Romansa selama satu set bisa membingungkan bagi sebagian orang. Satu set Romansa adalah Romansa yang Anda lakukan di antara gerakan ayunan transisi set Romansa. Setelah Romance Keihou, Anda melakukan dua Romance dan kemudian masuk ke transisi set Romance. Setelah set Romance pertama, setiap set setelahnya akan selalu memiliki tiga Romance.


One Point Advice

  • Saat melakukan Romance, selalu jaga lengan yang berada di udara selurus mungkin. Lengan yang lurus saat berada di udara akan membuat gerakan romansa Anda terlihat sangat tinggi dan tegas.
  • You want to try and pump your lower arm right when your straight arm stops and swing into your next Romance or Romance set transition right after you end your pump. This makes your Romance flow nicely.
Romance dengan lightstick

TORCH WAZA

Introduction to Torch

Dianggap sebagai salah satu poin tertinggi dari Wotagei, wazas obor terdiri dari pengaturan waktu dua gerakan terpisah dari lengan kiri dan kanan untuk menciptakan berbagai lingkaran di sekitar Anda. Wazas ini sangat sulit dan harus berhati-hati saat mempelajarinya. Diperlukan waktu sekitar 2 minggu sebelum Anda terbiasa dengan wazas dasar. Setelah itu, Anda membutuhkan waktu sekitar satu minggu lagi untuk dapat melakukan Shiranui di bawah tekanan.

Ada banyak ahli Uchi Shi di Jepang yang tidak dapat melakukan torch wazas, tetapi masih dianggap sebagai yang terbaik.

  1. Windmill (ウィンドミル)
  2. 8 Torch (8トーチ)
  3. 16 Torch (16トーチ)
  4. Yashichizurashi(弥七ずらし)
  5. Shiranuhi(不知火)

TAMBAHAN

pada sesi tambahan ini gw gk menampilkan gambar atau video cuma berupa tulisan

Kecha / ケチャ

Kecha (ケチャ) dalam seni wotagei adalah istilah yang merujuk pada gerakan tangan yang khas dalam penampilan wotagei. Gerakan ini melibatkan tangan yang membentuk seperti cakar dengan telapak tangan terbuka, sering kali diikuti dengan gerakan lengan yang dinamis. Kecha adalah salah satu gerakan yang sering digunakan dalam wotagei untuk mengekspresikan semangat dan energi selama penampilan, serta sebagai cara untuk berpartisipasi aktif dalam konser atau acara idol.

Kecha / ケチャ dapat dilakukan selama lagu lambat, atau bagian lambat dari lagu cepat.

Instruksi:
  1. Kedua tangan direntangkan ke depan ke arah member yang bernyanyi

  2. Perlahan-lahan kedua lengan diayunkan kedepan atas seperti tari Kecak Bali

  3. Tarik kembali tangan kearahmu.

  4. Lakukan 1 sampai 3 kali atau semaumu.

Kecha ini tanda apresiasi, cinta, suka kita ke member yang perform. Seperti menyalurkan energi positif penuh semangat ke member yang kita sukai.


Masai / マサイ族

Masai adalah serangkaian gerakan melompat Idol Otaku ketika Live Idol
Berbeda dengan Oshi Jump yang hanya dilakukan ketika bagian oshimen bernyanyi, masai ini tidak harus pada bagian tertentu, dapat dilakukan di setiap bagian lagu.

Masai ketika Live Idol biasa dilakukan dengan bantuan pagar atau pudak orang random sebagai sandaran untuk melompat. Idol Otaku yang suka melakukan masai disebut sebagai Jumper / ジャンバー
Asal kata masai ini datang dari suku Maasai, suku aseli Afrika yanghidup dikenya dan Tanzania.

Di suku tersebut ada sebuah tarian yang dinamakan "Adumu" (Jumping Dance). Tarian dengan gerakan melompat-lompat sebagai bentuk ekspresi kekuatan dan keberannian.
Begitupun Masai di Live Idol, dimana Idol Otaku memberikan kekuatannya kepada Idol dan kita dapat merasakan energiya.


Oshi Jump / 押しジャンプ

Oshi Jump adalah gerakan yang populer dalam seni wotagei yang melibatkan lompatan ke atas sebagai ekspresi antusiasme dan dukungan terhadap idol atau penampilan di panggung. Saat melakukan Oshi Jump, para penggemar melompat dengan gerakan tangan yang khas untuk menunjukkan semangat dan kecintaan terhadap idol atau grup idola yang sedang tampil.

Oshi Jump mulai populer pada pertengahan hingga akhir 2000-an dan berkembang seiring dengan popularitas fenomena wotagei. Gerakan ini awalnya muncul dalam acara-acara idol dan konser di Jepang, di mana para penggemar mulai melakukan lompatan ke atas sambil berteriak nama idol atau grup idola yang mereka dukung. Seiring waktu, Oshi Jump menjadi salah satu ciri khas dari budaya wotagei dan menjadi bagian integral dari interaksi antara penggemar dan idol.

Meskipun Oshi Jump dan Masai keduanya adalah gerakan yang melibatkan lompatan, ada perbedaan utama antara keduanya:

  1. Oshi Jump / 押しジャンプ
    Oshi Jump adalah lompatan yang dilakukan oleh penggemar sebagai bentuk dukungan dan semangat terhadap idol atau grup idola. Para penggemar melakukan lompatan sambil berteriak nama idol atau memberikan sorakan. Oshi Jump seringkali melibatkan gerakan tangan yang khas, seperti mengangkat tangan ke atas saat melompat

  2. Masai / マサイ族
    Masai adalah gerakan lompatan yang dilakukan oleh idol atau anggota grup idola di panggung. Ini adalah bagian dari penampilan mereka yang diarahkan ke penggemar. Anggota idol atau grup idola melakukan lompatan dengan gerakan tangan yang mengikuti ritme lagu. Masai adalah cara untuk berinteraksi dengan penggemar dan menciptakan momen kegembiraan di atas panggung.

Jadi, perbedaan utama antara Oshi Jump dan Masai adalah siapa yang melakukan lompatan. Oshi Jump dilakukan oleh penggemar sebagai respons dan dukungan terhadap penampilan, sementara Masai adalah gerakan lompatan yang dilakukan oleh idol atau anggota grup idola sebagai bagian dari penampilan panggung mereka.


Furicopy / 振りコピ

Furicopy adalah seni meniru gerakan tangan member ketika dance/perform. Ketika member melakukan gerakan dengan tangan kiri/kanan mereka, lakukan hal yang sama dengan tangan kiri/kananmu. Berhati-hatilah terhadap sekitar agar tidak mengenai orang di sekitarmu.

Salah satu contoh Furicopy ada di Aitakatta, saat "Aitakatta, aitakatta, aitakatta, YES! denganmu~" dan juga "LaLaLaLaLa" dimana para member melambai2kan tangannya. Jangan lakukan Furicopy sepanjang lagu.

Furicopy yg lebih lengkap sebagian besar dilakukan dengan lagu-lagu yang memiliki stand mic, seperti lagu "Temodemo no Namida".


Two-Step

Two Step adalah gerakan tari yang sering digunakan sebagai joget pengiring dalam musik hardcore dan punk. Gerakan ini berasal dari komunitas musik hardcore dan sering dilakukan oleh penonton di konser atau pertunjukan live. Two Step memiliki ciri khas gerakan kaki yang cepat dan energik, yang sering disesuaikan dengan ritme dan tempo musik yang sedang dimainkan.

Two Step muncul sebagai bagian dari budaya subkultur musik hardcore dan punk di tahun 1980-an. Gerakan ini awalnya dikenal sebagai "moshing," yang adalah gerakan tari energik dengan loncatan dan dorongan. Namun, seiring berjalannya waktu, moshing berkembang menjadi beragam gerakan, termasuk gerakan kaki cepat yang kemudian dikenal sebagai "Two Step."

Two step ini juga bisa dilakukan di acara live idol contoh lagu agak rock sedikit seperti:
真っ白なキャンバス 『SHOUT』, アイドルライフブースターパック/iLiFE! dan lainnya.

Two Step melibatkan gerakan kaki yang cepat dan berulang-ulang. Biasanya, gerakan ini dilakukan dengan langkah-langkah seperti berikut:

  • Kaki Pertama: Langkahkan salah satu kaki ke depan atau ke samping, tergantung pada preferensi pribadi.
  • Langkah Pendek: Langkahkan kaki kedua ke depan atau ke samping dalam jarak yang lebih pendek dari langkah pertama.
  • Kembali ke Awal: Kembali ke posisi awal dengan mengulangi langkah pertama.
  • Ulangi: Lakukan langkah-langkah ini secara berulang-ulang, seirama dengan musik yang dimainkan.

Two Step sering dilakukan dengan kaki yang mengikuti ritme dan tempo musik. Gerakan kaki yang cepat ini memberikan semangat tambahan pada pertunjukan live dan dapat memicu semangat dari penonton lainnya.

Pentingnya Safety:
Meskipun Two Step adalah gerakan tari yang umum dalam komunitas musik hardcore, penting untuk menjaga keselamatan dan menghormati ruang pribadi orang lain. Beberapa konser atau pertunjukan memiliki area yang disediakan khusus untuk gerakan tari seperti ini, sementara yang lain mungkin memiliki pedoman perilaku dan keamanan untuk mencegah cedera atau pertikaian.

Dalam keseluruhan, Two Step adalah bagian dari budaya tari yang mengiringi musik hardcore dan punk. Gerakan ini menciptakan semangat dan interaksi antara penonton dalam konser, sambil tetap memprioritaskan keselamatan dan penghargaan terhadap orang lain.


Crowd-Surfing

**Crowd surfing** adalah tindakan di mana seseorang, biasanya seorang artis atau penyanyi, terletak di atas kerumunan penonton dan "melayang" melintasi mereka. Ini adalah fenomena yang umum terjadi pada konser musik atau acara di mana penonton sangat antusias dan bersemangat. Proses crowd surfing melibatkan individu tersebut diterima oleh penonton, yang mendorongnya melintasi kerumunan dengan tangan dan tangan yang terentang.

Proses crowd surfing biasanya berlangsung dalam beberapa detik hingga beberapa menit, di mana orang tersebut "terbang" di atas kepala penonton dan kemudian turun lagi di area lain atau di dekat panggung. Ini sering kali terjadi di tengah kegembiraan dan semangat saat artis melakukan performa di panggung.

Namun, penting untuk diingat bahwa crowd surfing bisa berisiko dan memiliki potensi bahaya. Kerumunan yang bersemangat mungkin tidak selalu dapat menjaga individu yang crowd surfing dengan baik, dan risiko cedera atau kecelakaan dapat terjadi jika tindakan ini tidak diatur dengan baik oleh penyelenggara acara dan artis. Karena itu, beberapa acara atau tempat mungkin memiliki aturan atau kebijakan terkait crowd surfing untuk menjaga keamanan semua orang yang terlibat.

Mawari / まわり

Mawari adalah gerakan dalam seni wotagei yang mengacu pada gerakan tangan melingkar di atas kepala, sering kali digunakan sebagai bentuk dukungan dan semangat terhadap idol atau penampilan di panggung. Gerakan ini mirip dengan membuat lingkaran dengan tangan di atas kepala dan dapat dilakukan dengan berbagai variasi.

Gerakan ini pertama kali diperkenalkan oleh penggemar idol di konser dan acara-acara idol di Jepang. Mawari segera menjadi populer karena gerakan yang sederhana namun mencolok, yang dapat dilihat oleh para idol dan memberikan semangat tambahan pada penampilan mereka.

Gerakan Mawari melibatkan gerakan tangan melingkar di atas kepala dalam bentuk lingkaran. Berikut adalah contoh gerakan Mawari:

  1. Angkat tangan di atas kepala dengan jari-jari terbuka.
  2. Lakukan gerakan melingkar dengan tangan di atas kepala, seolah-olah Anda sedang membuat lingkaran di langit-langit.
  3. Lanjutkan gerakan melingkar dengan tangan di atas kepala beberapa kali, sesuai dengan ritme musik atau lagu yang sedang dipentaskan.
  4. Sambil melakukan gerakan Mawari, biasanya penggemar juga dapat melambaikan tangan atau menggoyangkan lengan dengan semangat dan berputar di tempat.

Mawari adalah gerakan yang menarik perhatian dan seringkali digunakan dalam berbagai situasi saat konser atau acara idol. Gerakan ini menciptakan gambaran visual yang kuat dan dapat diikuti oleh para penggemar untuk menunjukkan dukungan dan semangat mereka kepada idol atau grup idola yang mereka dukung.


Romeo / ロメオ

Romeo adalah gerakan dalam seni wotagei yang melibatkan penampilan tangan yang menggambarkan kata "Romeo" atau "ロメオ" dalam aksara Jepang (Katakana). Gerakan ini sering dilakukan oleh para penggemar untuk memberi dukungan kepada idol atau anggota grup idola yang sedang tampil di atas panggung.

Gerakan Romeo mulai populer pada pertengahan hingga akhir 2000-an sebagai bagian dari fenomena wotagei. Para penggemar ingin menunjukkan dukungan mereka dengan gerakan tangan yang khas dan mudah dikenali, dan itulah mengapa gerakan Romeo muncul. Gerakan ini terinspirasi dari kata "Romeo" dalam bahasa Inggris, dan ditranskripsikan ke dalam aksara Katakana sebagai bentuk interaksi yang unik dengan idol.

Gerakan Romeo melibatkan beberapa tahap dan penampilan tangan yang membentuk karakter "ロメオ" (Romeo) dalam aksara Katakana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Langkah Pertama: Mula-mula, angkat kedua lengan ke atas dengan siku menekuk membentuk sudut 90 derajat.
  2. Langkah Kedua: Luruskan tangan kanan ke depan sejajar dengan mata Anda, dan letakkan tangan kiri di depan dada dengan telapak tangan menghadap ke bawah.
  3. Langkah Ketiga: Angkat tangan kanan dengan siku menekuk membentuk sudut 90 derajat, sehingga tangan kanan berada di atas tangan kiri. Ini membentuk huruf "ロ" dari "ロメオ."
  4. Langkah Keempat: Letakkan tangan kiri di atas tangan kanan yang sudah dalam posisi "ロ," membentuk huruf "メ."
  5. Langkah Kelima: Luruskan kembali tangan kanan ke depan sejajar dengan mata Anda, dan biarkan tangan kiri tetap di atasnya. Ini membentuk huruf "ロ" lagi.

Hasil akhir dari langkah-langkah di atas akan membentuk karakter "ロメオ" (Romeo) dalam aksara Katakana.

Ingatlah bahwa gerakan Romeo ini dapat dilakukan dengan cepat dan sinkron dengan irama musik atau penampilan panggung. Gerakan ini adalah cara kreatif untuk berinteraksi dengan idol dan menunjukkan dukungan serta semangat sebagai bagian dari budaya wotagei.


Wiper / ワイパー

Wiper dalam konteks seni wotagei adalah gerakan tangan yang sering digunakan oleh penggemar idol saat tampil di atas panggung atau di acara konser. Gerakan ini mirip dengan mengelap permukaan dengan tangan terbuka, dan memiliki irama yang sesuai dengan musik atau lagu yang sedang dinyanyikan. Wiper umumnya dilakukan dengan cepat dan berirama, sehingga menciptakan efek visual dan ritmis yang menarik.

Instruksi gerakan Wiper adalah sebagai berikut:
  1. Posisi Awal: Berdiri dengan sikap tubuh yang nyaman, tangan ditekuk di samping badan dengan siku membentuk sudut sekitar 90 derajat. Telapak tangan menghadap ke bawah.
  2. Gerakan Utama: Lakukan gerakan seperti mengelap permukaan dengan tangan terbuka, serupa dengan gerakan saat membersihkan sesuatu. Lakukan gerakan ini dengan cepat dan berirama sesuai dengan ritme musik atau lagu.
  3. Gerakan Lanjutan: Gerakan ini dapat dilakukan dengan mengayunkan tangan ke depan dan ke belakang dengan cepat, dengan pergelangan tangan tetap kaku dan mengikuti irama musik. Gerakan harus terlihat energetik dan ritmis.
  4. Sinkronisasi: Saat melakukan Wiper, penting untuk bersama-sama dengan penggemar lainnya untuk menciptakan efek visual dan ritmis yang harmonis. Sinkronisasi gerakan sangat penting agar tercipta tampilan yang padu dan mengesankan.
  5. Intensitas dan Ekspresi: Selain gerakan fisik, penting untuk mengekspresikan semangat dan dukungan melalui ekspresi wajah dan semangat Anda. Wiper biasanya dilakukan selama bagian lagu yang bersemangat, jadi pastikan untuk merespons dengan energi yang sesuai.

Wiper adalah salah satu dari banyak gerakan yang digunakan dalam seni wotagei untuk meningkatkan interaksi dan semangat penggemar saat menonton penampilan idol. Penggemar biasanya berlatih bersama-sama untuk mencapai keselarasan dalam gerakan dan chant yang dilakukan selama penampilan.


Naguru / 殴る

Naguru adalah salah satu gerakan dalam seni wotagei yang juga dikenal sebagai "air drumming" atau tarian pantomim yang menggambarkan aksi memainkan drum. Gerakan ini mengandalkan gerakan tangan dan lengan untuk menciptakan ilusi memukul drum dengan ritme dan energi. Naguru adalah salah satu gerakan yang sering digunakan oleh penggemar saat menonton penampilan idol atau konser.

Instruksi untuk gerakan Naguru:
  1. Posisi Awal: Berdiri dengan sikap tubuh yang nyaman. Kedua tangan ditekuk di sisi badan dengan siku membentuk sudut sekitar 90 derajat. Tangan kanan menggambarkan palu drum, sedangkan tangan kiri menggambarkan drumnya.
  2. Gerakan Utama: Lakukan gerakan seperti memukul drum dengan tangan kanan, sambil mengangkat tangan kiri ke atas sebagai representasi drum. Gerakan ini mirip dengan memukul drum dengan palu, tetapi tidak ada kontak fisik. Lakukan gerakan ini dengan ritme yang sesuai dengan musik atau lagu yang sedang dimainkan.
  3. Pengulangan: Ulangi gerakan memukul drum dengan tangan kanan secara berirama, sambil tetap menjaga gerakan tangan kiri yang menggambarkan drum. Sesuaikan ritme gerakan dengan ritme musik.
  4. Ekspresi: Selain gerakan fisik, penting untuk mengungkapkan semangat dan antusiasme Anda melalui ekspresi wajah dan semangat. Naguru biasanya dilakukan selama bagian lagu yang penuh semangat, jadi pastikan untuk merespons dengan energi yang sesuai.
  5. Sinkronisasi: Seperti dalam semua gerakan wotagei, sinkronisasi dengan penggemar lain sangat penting untuk menciptakan tampilan yang serasi dan mengesankan.

Naguru adalah cara bagi penggemar untuk ikut serta dalam pertunjukan idol dengan memberikan respons ritmis dan visual terhadap musik dan performa. Gerakan ini menggambarkan kegembiraan dalam bentuk yang kreatif dan menyenangkan.


FUNDAMENTAL-POST

Performing Wotagei

Video

Pengaturan kamera sangat penting apabila merekam Wotagei, karena pengaturan ini mengubah seberapa panjang garis-garis cahaya. Pengaturan yang paling sering diubah adalah:

  • Frame Rate: Biasanya ditetapkan dan dibiarkan pada 24 fps. Lebih cepat dari itu, maka goresan tidak akan terbentuk sama sekali. Lebih lambat dari itu, maka video akan terlihat berombak.
  • Shutter Speed: Biasanya ditetapkan ke 1/25, tergantung pada kondisi pencahayaan. Ini sudah menjadi standar yang disepakati apabila merekam wotagei. Jika Anda meningkatkannya, maka, garis-garis cahaya akan semakin panjang.
  • ISO: Mengubah seberapa cerah bidikan. Biasanya berada pada kisaran 800, tetapi disesuaikan, tergantung pada kondisi pencahayaannya. Jika terlalu redup, ISO ditingkatkan.
  • F-Stop: Kiri serendah mungkin, selama Anda tetap berada dalam fokus dalam bidikan.

Further Research

Berikut adalah beberapa istilah pencarian yang dapat digunakan saat mencari sumber daya di Wotagei. Untuk mencari pertunjukan, berikut ini dapat digunakan:

(song name in Japanese) ヲタ芸

Untuk mencari wazas tertentu, berikut ini dapat digunakan:

(waza name in Japanese) 技 ヲタ芸

Untuk mencari penjelasan spesifik tentang wazas, berikut ini dapat digunakan:

(waza name in Japanese) 解説 ヲタ芸

Perhatikan bahwa sebagian besar waza tidak memiliki video penjelasan. Jika Anda ingin mempelajari waza tanpa video penjelasan, Anda harus memperlambat video dan mendekonstruksi waza.


Ketentuan Umum

  • ヲタ芸 (wotagei)
  • 技連 (waza compilation)
  • 技メドレー (waza medley, same as 技連 but less commonly used)
  • 講座 (lesson)
  • 解説 (explanation)
  • 技単 (single waza)

Cara yang baik untuk menemukan wazas baru adalah dengan mencari wazas berikut ini di YouTube:

ヲタ芸 技連

Yang biasanya adalah orang yang melakukan banyak sabi wazas secara berurutan. Biasanya ada namanya, tetapi biasanya dalam bahasa Jepang.


Wotagei Team Names

Lihat Groups


Waza Names

Here is a list fo some waza names along with romanization/translations. They are not listed in any order.

  • サンダースネーク (Thunder Snake)
  • リバースサンダースネーク (Reverse Snake)
  • アンドロメダ (Andromeda)
  • レッドブル (Red Blue)
  • 流星スネーク (Shooting Star Snake)
  • ムラマサ (Muramasa)
  • ムラマサ改 (Muramasa Kai)
  • アマテラス (Amaterasu)
  • アマテラス改 (Amaterasu)
  • アマテラス害 (Amaterasu Gai)
  • ドラグースピア (Dragon Spear)
  • アーリークロス (Early Cross)
  • FTR
  • 天翔 (Amakakeru)
  • ジャックナイフ (Jack Knife)
  • レクイエム (Requiem)
  • スパークショット (Spark Shot)
  • シュナイザー (Schneizer)
  • カトリーナ (Katrina)
  • ルーキーズ (Rookies)
  • 神威 (Shin’i)
  • イザナギ (Izanagi)
  • クサナギ (Kusanagi)
  • イザナミ (Izanami)
  • スサノオ (Susanoo)
  • ツクヨミ (Tsukuyomi)
  • コトアマツカミ (Kotoamatsukami)
  • 龍牙斬 (Rongazan)
  • 不知火 (Shiranuhi)
  • 烈火 (Rekka)
  • 烈火改 (Rekka Kai)
  • 烈マサ (Retsumasa)
  • 烈スネ (Retsusune)
  • 烈スピ (Retsusupi)
  • チースニ (Chiisuni)
  • ベルトコンベア (Conveyer belt)
  • ファンタオレンジ (Orange Fanta)
  • ウワバミ (Uwabami)
  • シャオリー (Shaori)
  • シャオリー改 (Shaori Kai)
  • センターバレット (Center Ballet)
  • 平等院鳳凰堂阿弥陀如来像 (Byoudouinhououdouamidanyoraizou)

Big Wotagei Groups

Untuk inspirasi (atau hiburan), nama-nama berbagai kelompok wotagei akan dicantumkan di sini.


Ginyu forcE (ギニュ~特戦隊)

Dianggap sebagai pelopor Wotagei/Cyalume Dance modern. Sebelumnya dikenal sebagai Ginyu Tokusentai, banyak anggota mereka saat ini dan di masa lalu telah berafiliasi dengan kelompok Wotagei besar lainnya di Jepang termasuk JKz, Fly-N dan Shooters. Para anggota Ginyu melakukan perjalanan ke konvensi internasional untuk menyebarkan budaya Wotagei / Cyalume Dance serta menjadi pembawa acara dan juri dalam Kualifikasi Cyalume Dance World Battle (CDWB).


Kita no Uchishi Tachi (北の打ち師達)

Sebuah saluran variasi YouTuber Jepang yang sangat populer, Kita no Uchishi Tachi dimulai sebagai grup Wotagei yang berbasis di Hokkaido. Dapat dikatakan bahwa KitaUchi memulai popularitas massal Wotagei/Cyalume Dance di Jepang dengan video-video mereka yang sangat populer seperti video Kimi no Na wa Wotagei, yang mengekspos banyak orang baik di Jepang maupun di dunia internasional terhadap seni Wotagei/Cyalume Dance.


JKz

Salah satu grup Wotagei yang populer di Jepang. Salah satu grup Wotagei yang lebih tua, mereka telah berkolaborasi dengan banyak grup Wotagei di Jepang termasuk Ginyu forcE dan Kita no Uchishi Tachi. Beberapa anggota mereka, terutama Perikan (ペリカン) adalah anggota dari Ginyu forcE dan JKz dan sering berkolaborasi dengan KitaUchi.


Fly-N

Grup Wotagei populer lainnya yang berbasis di Jepang, Fly-N dikenal karena penggabungan Torch ke dalam koreografi mereka, dengan sebagian besar anggotanya yang mahir dalam Torch waza. Anggota mereka juga terkenal, terutama ROTO (ロト) yang paling terkenal dengan waza aslinya ROTO no Monshou (ロトの紋 章), Shun (シュン) yang terkenal dengan waza aslinya Suzaku (朱雀), dan Mimiko, salah satu Uchishi wanita pertama yang menjadi bagian dari grup besar.


Spartan Wotagei Challenge

Terinspirasi dari tantangan wotagei selama 1 jam nonstop yang dilakukan oleh 北の打ち師達 (Kita no Uchishi Tachi), Spartan Wotagei Challenge merupakan rutinitas wotagei yang dirancang untuk meningkatkan stamina, fleksibilitas, bentuk tubuh, dan daya tahan tubuh Anda untuk membantu meningkatkan performa wotagei Anda secara rutin. Tantangan ini juga berfungsi dengan baik sebagai rutinitas kebugaran yang dirancang untuk menurunkan berat badan. Tantangan ini membutuhkan waktu sekitar satu jam. Tantangan Spartan Wotagei terdiri dari:

  • 100 OADs
    • 50 at 120 BPM
    • 50 at 160 - 180 BPM
  • 100 Rosario
  • 50 Los Angeles
  • 50 Thundersnake
  • 5 Minute Break
  • 100 Romance
  • 100 Snake Thunder
  • 10 Sabi Waza of Your Choice
  • 10 Song Sets at 120 BPM
    • 2 OAD Sets
    • 4 Rosario
    • Thundersnake
    • 3 Romance Sets
  • 1 Minute Breaks in between each task

Idealnya, Anda ingin melakukan ini tanpa henti dalam sesi satu jam. Namun, beristirahatlah kapan pun diperlukan agar Anda tidak terlalu memaksakan diri. Ingatlah untuk melakukan peregangan terlebih dahulu agar tidak melukai diri sendiri selama rutinitas (Kecuali jika Anda ingin menjadi sangat sakit selama beberapa hari).

Video:

Download

Panduan Wotagei(ヲタ 芸).pdf Guide 19,3 MB PDF

Mungkin aman untuk mengatakan bahwa Wotagei memiliki jalan panjang sebelum menjadi jenis hal yang akan Anda lihat di klub-klub paling keren di Tokyo, tetapi dari semua penampilan, gaya tersebut tampaknya telah berkembang menjadi penampilan yang cukup menguras fisik dengan sedikit koreografi yang adil. dan kerja sama yang terlibat jadi senang melihatnya mendapat sedikit rasa hormat arus utama.



Reference

Source:
http://www.stage48.net/forum/index.php?threads/wotagei-thread.7666/
https://www.wikiwand.com/en/Wotagei
hhttps://soranews24.com/2015/02/12/wotagei-otaku-dance-style-made-cool-with-choreographed-dance-remix-of-pop-song/
https://sgtwiggles.github.io/
http://rurunyan.blogspot.com/2016/10/panduan-dasar-idoling.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Wotagei
https://www.reddit.com/r/indonesia/comments/z0vle8/wotagei/
https://yestiger.wordpress.com/2018/03/07/idol-101-how-to-do-idol-calls-and-mixes/
https://animanga.fandom.com/wiki/Wotagei
https://manga.fandom.com/wiki/Wotagei

About the Author

Who's there?

إرسال تعليق

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.