Peranan karakter dapat dikelompokan berdasarkan funsi atai kit pada masing-masing karakter, berikut jenis-jenis lore yang ada pada karakter Genshin Impact:
Karakter yang dapat memberikan damage yang signifikan pada musuh, bisa dibilang DPS adalah karakter eksekutor atau algojo.
Sub-DPS adalah jenis DPS pendukung yang dapat memberikan damage berkelanjutan pada musuh. Sub-DPS mempunyai talenta dan fungsi yang dapat memanage damage yang kamu eksekusi. Selain itu, peran karakter ini juga dapat membantu penguatan karakter DPS utamamu, seperti melakukan buff atau melakukan apply elemental pada musuh. Ciri-ciri unik lainnya dari lore karakter ini ada pada talentanya, ada yang dapat mengakibatkan damage walau dalam status off-field, ada pula yang dapat melakukan spam Brust, ini akan sangat membantu dalam pertarungan sehingga kamu dapat melakukan 2 kali eksekusi dalam satu kali rotasi.
Seperti namanya, peran karakter ini adalah untuk membantu partymu. Ada 4 jenis tipe support yang ada dan memiliki fungsi yang berbeda, yaitu:
- Buffer: Memperkuat karakterpartymu pada status pengaturan yang spesifik.
- Debuffer: Kebalikan dari Buffer, pendukung ini dapat memerlemah musuh secara spesifik.
- Shielder: Pendukung yang dapat memberikan perlindungan pada karakter aktif berupa shield, ini memungkinkan player untuk terhindar dari interupsi.
- Healer: Tipe pendukung yang dapat memulihkan HP karakter aktif yang hilang.
Ada tujuh jenis elemen yang ada di Genshin Impact, yaitu Pyro (Api), Cryo (Es), Anemo (Angin), Hydro (Air), Electro (Listrik), Geo (Tanah) dan Dendro (tumbuhan). Elemental ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu Mono Elemen dan Reaction Elemen : Mono Elemen adalah jenis elemen yang masih dapat melakukan reaksi namun tak bisa memberikan status pada musuh, sehingga elemen lain tak bisa melakukan reaksi pada elemen ini (Anemo dan Geo), sedangkan Reaction Elemen adalah elemen yang dapat melakukan reaksi terhadap satu sama lain :
Reaksi yang dapat diakibatkan oleh serangan elemen Pyro terhadap musuh yang terkena status Cryo atau sebaliknya. Kelebihan reaksi ini dapat memberikan damage yang besar. Reaksi ini masih dapat berkerja pada musuh yang terkena status Frozen.
Reaksi yang diakibatkan oleh serangan elemen Cryo terhadap musuh yang terkena status Hydro atau sebaliknya. Kelebihan reaksi ini dapat menghentikan pergerakan musuh.
Reaksi ini dapat di pecah jika terkena serangan elemen Geo atau serangan Physical, terutama karakter pengguna senjata jenis Claymore.
Reaksi yang diakibatkan oleh serangan elemen Pyro terhadap musuh yang terkena status Hydro atau sebaliknya. Sama seperti Melt, reaksi ini punya kelebihan untukd apat mengakibatkan damage yang besar.
Reaksi ini dapat diakibatkan oleh serangan elemen Pyro terhadap musuh yang terkena status Electro. Setelah terkena serangan, reaksi ini akan menciptakan ledakan yang dapat menginterupsi gerakan musuh. Sayangnya terdapat kekurangan pada reaksi ini dimana musuh rawan terpental menjauh dari linkup serangan karakter aktif-mu, terutama musuh dengan tubuh kecil.
Reaksi ini diakibatkan oleh serangan Electro terhadap musuh yang terkena stratus Hydro.
Elemen ini dapat memberikan damage lanjutan dan mengganggu gerakan musuh.
Selain itu, jika salah satu musuh terkena reaksi Electro-charged, musuh disekitar yang terkena status Hydro juga akan terkena reaksi yang sama.
Reaksi ini diakinatkan oleh serangan Elektro pada musuh yang terkena satus Cryo atau sebaliknya. Reaksi ini tidak terlalu memberikan damage yang besar, namun reaksi ini dapat menyebabkan debuff pada musuh berupa peurunan Physical Resist secara signifikan.
Reaksi ini dapat menyebarkan banyak elemen disekitar dan mengakibatkan lebih dari satu reaksi elemental. Semakin banyak musuh yang terkena status elemen yang berbeda, semakin banyak pula reaksi yang tercipta. Reaksi ini hanya bisa diakibatkan oleh elemen Anemo.
Reaksi ini dapat menciptakan pecahan kristal yang diakibatkan oleh serangan elemen Geo pada musuh yang terkena status elemen lain.
Setelah karakter aktif bersentuhan dengan kristal, karakter akan mendapatkan pelindug atau Shield untuk sementara waktu.
Reaksi ini diakibatkan oleh serangan Dendro pada musuh yang terkena status Pyro atau sebaliknya. Setelah menerima serangan, nantinya musuh akan terdampak status Burning dan menerima damage lanjutan.
Reaksi ini dapat diakibatkan oleh serangan elemen Dendro pada musuh yang terkena status Hydro atau sebaliknya. Setelah menerima serangan, musuh yang terkena reaksi Bloom akan menghasilkan Core Seed yang nantinya akan meledak otomatis dan menyebabkan damage pada area disekitar ledakan. Core Seed juga bisa melukai karakter aktif-mu.
Reaksi ini diakibatkan oleh serangan elemen Pyro terhadap Core Seed yang sebelumnya tercipta dari reaksi Bloom. Core Seed akan langsung meledak dan menghasilkan area ledakan yang lebih luas. Reaksi ini juga bisa melukai karakter aktif-mu.
Reaksi ini diakibatkan oleh serangan elemen Dendro terhadap musuh yang terkena status Electro atau sebaliknya. Setelah menerima serangan, nantinya musuh akan terkena dua jenis status (Dendro dan Electro) dan masih bisa ditimpa dengan elemen lain dan menghasilkan reaksi lanjutan.
Reaksi lanjutan dari reaksi Quicken. Reaksi ini diakibatkan pada musuh yang terkena status Quicken dengan serangan elemen Electro. Reaksi ini dapat menyebabkan damage yang signifikan.
Reaksi lanjutan dari reaksi Quicken. Reaksi ini dapat diakibatkan pada musuh yang terkena status Quicken dengan serangan elemen Dendro. Sama seperti Aggravete, reaksi ini dapat menyebabkan damage yang cukup besar.
Reaksi ini dapat membuat Core Seed menjadi rudal mini dan menyerang musuh disekitar Core Seed. Ada dua cara untuk mengakibatkan reaksi ini : Yang pertama, dengan menggunakan serangan elemen Electro pada Core Seed yang sebelumnya dihasilkan dari reaksi Bloom.
(Sebenarnya ini bukan termasuk serangan elemental, tapi saya masukkan saja biar ga terlalu boros tempat) Serangan ini berupa serangan dasar yang diakibatkan oleh serangan senjata fisik dengan menggunakan Normal Attack.
Saran dari saya buat yang baru main harus lebih sering membaca apapun itu, mau itu talent karakter, passive skill, passive senjata, set artefak, resonasi apapun itu, karena nantinya ada kesinambungan dari dari semua itu dan harus lebih imajinatif juga karena kamu dituntut buat mengerti semua itu. Contohnya ketika kamu mau ngegacha karakter yang kamu inginkan, sebelum mencoba trial biasakan membaca talentanya dan cara kerja skillnya juga detail spesifikasi yang lain, lalu buatlah semacam imajinasi simulasi dengan karakter yang kamu punya. Ini dapat membantu kamu dalam mengambil keputusan (tapi untuk gacha karakter itu mah personal lah ya).
So, Genshin Impact adalah game yang non-kompetitif jadi dibawa fun dan santai saja, kalo masih ada hal yang belum dimengerti bisa ditanyakan ke para sepuh disini, dibawa enjoy aja. Bilamana ada hal yang salah atau terlewat dipostingan saya bisa dikoreksi saja di kolom komentar, dan buat para player baru saya ucapkan Selamat Datang di Genshin Impact.
Reference:
https://genshin-impact.fandom.com/